Assalamu'alaikum...

harap dibaca....

Selamat datang di Blog saya.

Foto saya
Purwokerto, Jawa Timur, Indonesia

Jumat, 12 Januari 2007

Perbedaan hasil belajar psikomotorik penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual

Perbedaan hasil belajar psikomotorik penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual
pada pembelajaran senam hamil
Endah Retno Dewi
ABSTRAK Metode mengajar memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Pada pembelajaran
senam hamil dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat sehingga pemahaman aplikasi dari pokok
bahasan yang disampaikan dapat dicapai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar psikomotorik antara penggunaan metode demonstrasi dan metode audiovisual pada
pembelajaran senam hamil. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental dengan
pendekatan posttest dan uji statistik yang digunakan adalah ‘t-test’. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa
Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri semester II. Pengambilan sampel dilakukan dengan total
sampling, dengan kriteria inklusi. Pengelompokkan sampel dilakukan dengan cara random. Dari 40 sampel
dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing 20 responden untuk kelompok demonstrasi dan 20 responden
untuk kelompok audiovisual. Masing-masing kelompok diberi perlakuan, untuk kelompok demonstrasi
mendapat metode demonstrasi dan untuk kelompok audiovisual mendapat perlakuan metode audiovisual.
Setelah kedua kelompok mendapat perlakuan kemudian dilakukan posttest. Hasil penelitian berdasarkan uji
statistik ‘t-test’ menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara metode demonstrasi dan metode
audiovisual. Hal tersebut terlihat dari hasil pengukuran posttest pada metode demonstrasi menunjukkan nilai
mean sebesar 90,10 sedangkan pada metode audiovisual menunjukkan nilai mean sebesar 79,60. Hasil uji t
didapatkan thitung > ttabel (6,528 > 2,093) dan secara statistik bermakna (p
1/1
Powered By Blogger