Assalamu'alaikum...

harap dibaca....

Selamat datang di Blog saya.

Foto saya
Purwokerto, Jawa Timur, Indonesia

Senin, 08 Maret 2010

PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS

PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN
GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA
KELAS XI UPW SMK N 6 SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2009/2010



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu sasaran
pembangunan jangka panjang yang mengiringi laju pertumbuhan ekonomi. Salah
satu pilar dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia adalah bidang
pendidikan. Pendidikan sebagai pembentukan generasi muda yang tangguh dan
mumpuni, dilaksanakan dalam keluarga, sekolah, maupun di masyarakat. Peran
pendidikan dewasa ini sangat dominan di negara-negara yang sedang berkembang
dan membangun seperti negara Indonesia. Pembangunan di negara Indonesia, baik
yang dilakukan dalam bidang fisik maupun mental spiritual membutuhkan sumber
daya manusia yang terdidik. Oleh karena itu ditempuh berbagai upaya untuk
memantapkan pembentukan kepribadian bangsa termasuk generasi mudanya
melalui pendidikan.
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus
mengembangkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda sebagai
komponen bangsa secara optimal. Selain itu juga mengupayakan perluasan dan
pemerataan perolehan pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat
Indonesia sehingga akan tercipta manusia Indonesia yang berkualitas tinggi.
Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, dalam dunia pendidikan
formal untuk membina sikap dan moral peserta didik dapat ditempuh antara lain
melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Melalui pelajaran
PKn yang diberikan secara formal kepada generasi Indonesia yang berkepribadian
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana
pembinaan perilaku pada siswa juga dimaksudkan untuk membekali siswa dengan
budi pekerti, pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan
antara warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
Proses pendidikan berarti di dalamnya menyangkut kegiatan belajar
mengajar dengan segala aspek maupun faktor yang mempengaruhinya. Pada
hakekatnya, untuk menunjang tercapainya tujuan pengajaran perlu adanya
kegiatan belajar mengajar yang melibatkan siswa, guru, materi pelajaran, metode
pengajaran, kurikulum dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan
siswa serta didukung oleh lingkungan belajar mengajar yang kondusif.
Seorang siswa dapat belajar secara efisien jika memiliki keaktifan dalam
belajar dan didukung oleh sarana dan prasarana. Apabila ditinjau dari segi
kekuatan dan kemantapannya, maka keaktifan yang timbul dari dalam diri seorang
siswa akan lebih stabil dan mantap (internal) dibandingkan dengan keaktifan yang
tumbuh karena pengaruh lingkungan (eksternal). Hal ini dikarenakan dengan
berubahnya lingkungan yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran, sehingga keaktifan belajar seseorang itu juga akan mengalami
perubahan. Apabila lingkungan yang mempengaruhi siswa tersebut lenyap, maka
dapat berakibat hilangnya keaktifan dalam belajar siswa yang bersangkutan.
Disamping keaktifan siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai
prestasi, media pembelajaran guru juga dapat mempengaruhi prestasi siswa.
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh media
pembelajaran yang digunakan guru. Penggunaan media pembelajaran yang tidak
sesuai dengan keinginan siswa dapat mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk
belajar, sehingga siswa tersebut tidak dapat aktif dalam belajar. Pencapaian
prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh adanya media pembelajaran guru yang
memadai dan adanya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas maka
dipandang cukup penting untuk mengadakan penelitian tentang “Pengaruh
persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW
SMK N 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010”.
B. Identifikasi Masalah
Prestasi belajar seseorang pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor
baik yang berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri siswa
yang saling terkait. Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang berdiri sendiri
yang secara otomatis menentukan prestasi belajar seseorang. Beberapa masalah
yang berkaitan dengan prestasi belajar seseorang antara lain: tingkat kecerdasan,
ketersediaan sarana dan prasarana belajar, motivasi dalam belajar, keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran, lingkungan yang mendukung, persepsi siswa
mengenai media pembelajaran Guru, minat belajar, intensitas membaca buku teks,
dan lain sebagainya. Dalam konteks ini tentu saja masih banyak lagi masalahmasalah
yang dapat ditemukan kaitannya dengan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi permasalahan di atas maka
dipandang cukup penting untuk mengadakan penelitian mengenai “Pengaruh
persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW
SMK N 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010”.
C. Pembatasan Masalah
Permasalahan yang berkaitkan dengan judul di atas sangat luas sehingga
tidak mungkin permasalahan yang ada dapat terjangkau dan terselesaikan semua.
Oleh karena itu, perlu adanya pembatasan dan pemfokusan masalah sehingga
persoalan yang akan diteliti menjadi lebih jelas dan kesalahpahaman dapat
dihindari. Dalam hal ini penulis membatasi ruang lingkup dan fokus masalah yang
diteliti sebagai berikut:
1. Objek Penelitian
Objek penelitian adalah aspek-aspek dari subjek penelitian yang menjadi
sasaran penelitian, meliputi:
a. Persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru.
b. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
c. Prestasi belajar PKn.
2. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI UPW SMK N 6
Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010, yang secara keseluruhan berjumlah 97
orang siswa.
D. Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan bagian penting yang harus ada dalam
penulisan suatu karya ilmiah. Oleh karena itu, sebelum melakukan penelitian
harus mengetahui lebih dahulu permasalahan yang ada. Adanya permasalahan
yang jelas maka proses pemecahannya akan terarah dan terfokus.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan suatu
permasalahan sebagai berikut "Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan)
dari persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW
SMK N 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010?"
E. Tujuan Penelitian
Tujuan merupakan titik pijak untuk merealisasi aktivitas yang akan
dilaksanakan, sehingga perlu dirumuskan secara jelas. Dalam penelitian inipun
perlu ada tujuan yang berfungsi sebagai acuan pokok terhadap masalah yang
diteliti, sehingga peneliti akan dapat bekerja secara terarah dalam mencari data
sampai pada langkah pemecahan masalahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI UPW SMK N 6 Surakarta Tahun
Pelajaran 2009/2010 mengenai media pembelajaran guru.
2. Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pada siswa kelas
XI UPW SMK N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
3. Untuk mengetahui prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW SMK N 6
Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
4. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari
persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW
SMK N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
F. Manfaat atau Kegunaan Penelitian
1. Manfaat atau kegunaan teoritis
a. Sebagai suatu karya ilmiah maka hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan konstribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan pada
khususnya, maupun bagi masyarakat luas pada umumnya tentang pengaruh
persepsi siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas
XI UPW SMK N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
b. Menambah pengetahuan dan wawasan khususnya tentang pengaruh persepsi
siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW
SMK N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
c. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk kegiatan
penelitian berikut yang sejenis.
2. Manfaat atau Kegunaan Praktis
a. Menyebarluaskan informasi mengenai arti pentingnya pengaruh persepsi
siswa mengenai media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran tehadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI UPW SMK
N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.
b. Sebagai calon pendidik pelajaran pendidikan kewarganegaraan, maka
pengetahuan dan pengalaman selama mengadakan penelitian dapat di
transformasikan kepada peserta didik pada khususnya maupun masyarakat
luas pada umumnya.
G. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah para pembaca dalam memahami isi skripsi ini, maka
dikemukakan sistematikanya. Adapun sistematika penyusunan skripsi ini adalah
sebagaimana uraian berikut ini.
Bagian awal meliputi: Halaman Judul, Halaman Persetujuan, Halaman
Pengesahan, Halaman Motto, Halaman Persembahan, Kata Pengantar, Daftar Isi,
Daftar Tabel, Daftar Lampiran, dan Abstrak.
Bagian pokok skripsi ini terperinci dalam lima Bab. Bab I Pendahuluan,
mencakup: Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Pembatasan Masalah,
Perumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat atau Kegunaan Penelitian, serta
Sistematika Penulisan.
Bab II Landasan Teori diawali dengan Tinjauan Pustaka yang
mengemukakan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini.
Selanjutnya Kerangka Teoritik yang dimulai dengan Tinjauan Teoritis tentang
Persepsi Siswa mengenai Media Pembelajaran Guru mencakup: Pengertian
Persepsi, Pengertian Siswa, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persepsi,
Pengertian Media Pembelajaran, Macam-macam Media Pembelajaran, Manfaat
Media Pembelajaran, Pengertian Persepsi Siswa mengenai Media Pembelajaran
Guru. Selanjutnya uraian mengenai Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran
sebagai berikut: Pengertian Keaktifan, Pengertian Siswa, Keaktifan Siswa,
Macam-macam Keaktifan Siswa, Macam-macam Aktivitas Siswa, Pengertian
Proses Pembelajaran, dan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Uraian
berikutnya adalah mengenai Prestasi Belajar PKn yang meliputi: Pengertian
Prestasi Belajar, Pengertian PKn, Pengertian Prestasi Belajar PKn. Kerangka
Teoritik terakhir adalah uraian tentang Persepsi Siswa mengenai Media
Pembelajaran Guru dan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran kaitannya
dengan Prestasi Belajar Siswa, yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan
Kerangka Pemikiran serta Hipotesis.
Bab III Metode Penelitian berisi uraian: Tempat dan Waktu Penelitian;
Populasi, Sampel, Sampling dan Prosedur Pengambilan Sampel; Variabel-variabel
Penelitian; Metode Pengumpulan Data; Teknik Uji Validitas dan Reliabilitas
Instrumen; Teknik Uji Persyaratan Analisis; serta Teknik Analisis Data.
Bab IV Hasil Penelitian berisi: Deskripsi Data yang mencakup Data Hasil
Uji Coba (Try Out) Validitas dan Reliabilitas Instrumen beserta Analisisnya
maupun Data Hasil Penelitian, Pengujian Persyaratan Analisis, Analisis Data dan
Pengujian Hipotesis, serta Pembahasan Hasil Analisis Data.
Bab V Kesimpulan, Implikasi, serta Saran-saran. Sementara itu bagian akhir
dari skripsi ini berisi uraian Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran dan Daftar Ralat
(bila ada).

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger