Assalamu'alaikum...

harap dibaca....

Selamat datang di Blog saya.

Foto saya
Purwokerto, Jawa Timur, Indonesia

Rabu, 04 Agustus 2010

starategi pembelajaran praktek

Di dalam praktek kita sering menjumpai beberapa jenis praktek yaitu
1. praktek demontrasi yaitu praktek yang di bimbing oleh guru atau orang yag telah mengusai keterampilan tersebut
2.praktek di labaratorium sekolah
3. praktek di dunia usaha
Di dalam pembelajaran SMK untuk mendapatkan keterampilan yang memadai dari hasil studi kasus loose (1988) menyimpulkan bahwa proses belajar mengajar diteknologi dan kejuruan berlangsung pada beberapa tempat yaitu (a) di kelas 27% (b) bengkel sekolah 17 % (c) unit produksi sekolah 9% dan tempat kerja 43% jadi di lihat dari komposisi tersebut pembelajaran yang bersifat latihan (praktik) lebih besar.
Walaupun di sini penulis hanya melakukan penelitian di dalam ruang lingkup sekolah.
Pada pembelajaran di SMK pelajaran teori di lakukan sebelum pelajaran latihan ( praktek ) menurut Nolker (1983) mengenai lama waktu masing – masing pelajaran teori dan praktik di suatu tempat berbeda di sesuaikan dengan cara guru memberikan pelajaran,jadi tentang kesepakatan waktu setiap sekolah antara pembelajaran teori dan praktik berbeda – beda. oleh sebab itu jika terlalu singkat waktunya maka akan lenyap fungsi dari penyusunan program pendidikan kejuruan ,dan jika terlalu panjang akan merusak kesinambungan antara komponen – komponen teori dan praktik.dan menurut wena (1996) alokasi waktu untuk mengajar keterampilan teknologi dan kejuruan adalah 65 % praktik dan 25 % pragaan (demontrasi) dan dalam arti melihat, mendengar penjelasan guru 25 %. Di sini peneliti akan membahas tentang waktu yang di gunakan dalam latihan ( praktek ) sehingga hasil latihan di sekolah dapat dilakukan dengan tuntas,Suatu kelas di sebut tuntas belajar bila di kelas tersebut jumlah siswa telah mencapai daya serap > 85 % (Depdikbub, 1994 : 39)
dengan alokasi waktu tersebut maka guru hendaknya mempertimbangkan waktu dalam latihan dan teori sehingga dapat di capai hasil latihan yang baik.
latihan yang baik adalah latihan yang tidak membosankan dan kereatif baik pelaksanaan maupun isi dari latihan tersebut

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger